Kamis, 04 Oktober 2012

ALAT SERVICE LAPTOP

8 komentar
Sebelum memperbaiki Laptop, terlebih dahulu kita persiapkan alat-alat service yang diperlukan antara lain :

1. Gelang Anti Statik (ESD)
Gelang Anti Statik
Alat ini berfungsi mencegah pengosongan alektro statik (Electrostatic Discharge) ketika mereparasi peralatan elektronik. Sistem kerjanya adalah dengan menyalurkan elektro statik agar terakumulasi di dalam tubuh. Penggunaanya dengan memakai helang di pergelangan tangan kemudian di hubungkan dengan tanah (grounding).

2. Obeng
Obeng Berbagai Ukuran

Obeng yang digunakan untuk mereparasi Laptop tentu dengan kwalitas material yang keras (baja), sehingga mata obeng dapat menjadi presisi, ujung obeng tidak mudah hancur dan tidak menimbulkan kerusakan pada baut. Obeng yang disediakan tentunya dalam berbagai ukuran.

3. PINSET
Pinset

Pinset merupakan alat bantu ketika kita memasanga / melepas komponen. Gunakanlah pinset dengan kwalitas baik dari segi bahan atau tingkat presisi ujungnya. Pinst juga tersedia dalam berbagai bentuk.

4. MULTIMETER
Multimeter Analog



Multimeter adalah alat ukur yang berfungsi untuk melakukan pengukuran nilai yang berhubungan dengan listrik dan elektronika. Alat ini bisa mengukur besaran arus listrik (I), Tegangan (V), dan hambatan (R).
Ada 2 jenis Multimeter yaitu multimeter Analog yang menggunakan indikator jarum sebagai skala penunjuk nilai dan Multimeter Digital yang menampilkan skala ukur dalam bentuk angka digit pada layar LCD.

Multimeter Digital













5. PICK GITAR
Pick Gitar
Pick gitar selain bisa untuk memainkan alat musik juga dapat berfungsi sebagai alat pembuka casing laptop, karena bahannya terbuat dari plastik maka ketika dipakai untuk membuka casing tidak mudah tergores.

6. PENGHAPUS
Penghapus

Untuk membersihkan kaki-kaki pada kaki-kaki memory ataupun sirkuit Board kita dapat menggunakan penghapus pensil.

7. KUAS DAN SIKAT
Kuas dan Sikat


SIkat dan kuas ini berfungsi sebagai alat pembersih, mengingat cairan pembersih yang digunakan adalah Thinner A Special, maka kita harus memilih sikat dan kuas yang berkualitas baik.

8. TEMPAT BAUT
Kotak Baut

Tempat baut ini hanya sebagai pilihan saja, mengingat Laptop memiliki baut yang sangat banyak dan ukurannya berbeda, maka untuk memudahkan pada saat pemasangan nanti kita dapat memilih tempat baut yang multiple box.

9. SOLDER
Solder Biasa

Solder Station




Alat ini sudah menjadi kebutuhan umum dalam dunia elektronika, karena itu mata solder yang berdiameter kecil dengan ujung runcing ataupun mata pisau. Tetapi inti dari penguasaan penggunaan solder secara terampil adalah melalui latihan.

10.  LAMPU SERVICE
Lampu Service dg Kaca Pembesar

Lampu service merupakan alat yang sangat penting dalam membantu melakukan perbaikan Laptop. Lampu service yang digunakan disarankan yang dilengkapi dengan kaca pembesar sehingga komponen yang kecil dapat mudah diidentifikasi dan dilihat.

11. ALAT  FLASH BIOS
ALat Programer Bios
 
Alat flash bios atau yang biasa disebut Programer digunakan untuk membackup, menulis, atau mengupdate file bios ketika proses repair bios laptop tidak bisa lagi dilakukan secara manual melalui flashdisk, Disket atau CD. Satu-satunya jalan adalah dengan mengangkat IC Bios tersebut dan diprogram ulang dengan menggunakan alat ini.

12. BLOWER
Blower Digital

Blower Analog




Blower atau solder uap bekerja dengan paduan elemen panas yang dihembus pompa udara sesuai derajat panas dan tingkat hembusan yang disesuaikan. Sehingga alat ini mampu mencarikan timah saat proses re-hot (pemanasan ulang) dan re-place (penggantian komponen). Dipasaran ada 2 jenis atau modelnya yaitu Manual dan Digital.

13. BGA REWORK
BGA Rework Station

BGA rework menggunakan sistim hembusan pemanasan dengan hembusan sinar infra merah yang digunakan untuk mengangkat chipset.



















8 Responses so far

  1. Saipudin says:

    kalo BGA Rework Station brp harganya??blz ke 085386000999

  2. Unknown says:

    berapa harga alat flas bios

  3. Unknown says:

    di mana ya tempat jual peralatan di atas tsb tolong infonya ke 081210708188

  4. Unknown says:

    pak mau tanya cari circuit writer ada ndak ya,... buat nyambung jalur keyboard ane yang putus,.

  5. Unknown says:

    KALO EBOOK PANduan tuk Perbaiki laptop yang restast otomatis link ny share y sob

  6. Sibenk says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  7. Sibenk says:

    Mas kirimkan price list flashbios,BGA rework,blower digital dan solder stationya ke benkti78@gmail.com masing-masing ada user manual book nya kan?

  8. cak mif says:

    Kirim harga bga reworknya bos

Leave a Reply